Macam-Macam Hal
Dilihat dari bentuknya, hal memiliki dua bentuk yaitu Mufrad dan Jumlah
a. Hal Mufrod
Hal Mufrad adalah Hal yang bentuknya bukan berupa jumlah (kalimat) atau Syibhul Jumlah, dia terbatas dengan bentuk Tunggal, Mutsana dan Jamak. Contoh:
جاء الطالبُ راكبًا
جاء الطالبَانِ رَاكِبَيْنِ
جَاءَ الطَّالبُونَ رَاكِبِيْنَ
راكبًا : حال منصوب وعلامة نصبه الفتحة
رَاكِبَيْنِ : حال منصوب وعلامة نصبه الياء لأنه مثنى
رَاكِبِيْنَ : حال منصوب وعلامة نصبه الياء لأنه جمع مذكر سالم
Ketiga Lafadz راكبًا/رَاكِبَيْنِ/رَاكِبِيْنَ adalah Hal bentuk Mufrad (Tunggal, Mutsana dan Jamak)
b. Hal Jumlah (kalimat)
Hal Jumlah adalah Hal yang bentuknya berupa Jumlah, baik Ismiyyah atau Fi’liyyah
●Contoh Hal Jumlah Ismiyyah:
جَاءَ خَالدٌ وَهُوَ يَبْكِي
Kholid datang dalam kondisi dia menangis
Kalimat وَهُوَ يَبْكِي adalah Jumlah Ismiyyah (Mubtada dan Khobar), kedudukan ‘irab jumlah tersebut sebagai Hal untuk Khalid
‘Irab lengkapnya seperti ini:
جاء خالد : فعل و فاعل
و : واو الحال حرف مبني على الفتح لا محل له
هو : مبتدأ
يبكي : خبر
جملة وهو يبكي : الجملة الاسمية من المبتدأ والخبر في محل نصب حال لخالد
Contoh hal jumlah ismiyyah dalam AlQuran:
وَإِذْ وَاعَدْنَا مُوسَىٰ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ثُمَّ اتَّخَذْتُمُ الْعِجْلَ مِن بَعْدِهِ وَأَنتُمْ ظَالِمُونَ
Terjemah: Dan (ingatlah), ketika Kami berjanji kepada Musa (memberikan Taurat, sesudah) empat puluh malam, lalu kamu menjadikan anak lembu (sembahan) sepeninggalnya dan kamu adalah orang-orang yang zalim. (Kalian berada dalam kondisi sebagai orang2 zalim)
وَأَنتُمْ ظَالِمُونَ : الجملة الاسمية من المبتدأ والخبر في محل نصب حال
●Contoh Hal Jumlah Fi’liyyah
رَأيْتُ خَالدًا يَضْرِبُ الطِفْلَ
Aku melihat Kholid dalam kondisi dia memukul seorang anak
kalimat يَضْرِبُ الطِفْلَ adalah Jumlah Fi’liyyah (Fi’il’ Fa’il dan Maf’ul Bih ). Kedudukan Jumlah tersebut sebagai Haal bagi Kholid
‘Irab lengkapnya seperti ini:
رَأيْتُ خَالدًا : فعل, فاعل, مفعول به
يَضْرِبُ الطِفْلَ : فعل و فاعل
جملة يَضْرِبُ الطِفْلَ : الجملة الفعلية من الفعل الفاعل والمفعول به في محل نصب حال لخالد
Contoh hal jumlah fi’liyyah Dalam AlQuran:
وَإِذْ نَجَّيْنَاكُم مِّنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُونَ أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ ۚ وَفِي ذَٰلِكُم بَلَاءٌ مِّن رَّبِّكُمْ عَظِيمٌ. البقرة ٤٩
Jumlah يَسُومُونَكُمْ sebagai Hal untuk Fir’aun dan pengikutnya.
Terjemah: Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir‘aun dan) pengikut-pengikut Fir‘aun. (Dalam kondisi) Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu.
يَسُومُونَكُمْ : الجملة الفعلية من فعل،فاعل ومفعول به في محل نصب حال
c. Hal Syibhul Jumlah
Hal Syibhul Jumlah adalah Hal yang bentuknya berupa dzharaf atau Jar majrur.
●Contoh Hal Dzharaf:
رأى خَالدٌ العَصْفُوْرَ فَوْقَ الشَّجَرَةِ
Kholid melihat burung ( burung tersebut terbukti kondisinya) berada di atas pohon. ( Terjemahnya agak sedikit detail seperti ini supaya mudah difahami) sebab pada susunan tersebut terdapat Khabar yang dibuang.
Lafadz فَوْقَ adalah dzharaf yang menjadi Hal bagi lafadz العَصْفُوْرَ
‘Irab lengkapnya seperti ini:
رأى خَالدٌ العَصْفُوْرَ : فعل، فاعل، مفعول به
فَوْقَ : شبه جملة ظرف وهو مضاف
الشَّجَرَةِ : مضاف إليه
شبه جملة فَوْقَ الشَّجَرَةِ : على الظرفية في محل نصب حال لعصفور
●Contoh Hal Jar Majrur
Samakan saja contohnya dengan Dzharaf hanya diganti dengan huruf Jar على
رأى خَالدٌ العَصْفُوْرَ عَلى الشَّجَرَةِ
Artinya sama seperti contoh Dzharaf, hanya beda dari segi ‘irab
رأى خَالدٌ العَصْفُوْرَ : فعل، فاعل، مفعول به
عَلى الشَّجَرَةِ : شبه جملة جار مجرور
شبه جملة عَلى الشَّجَرَةِ : جار و مجرور في محل نصب حال لعصفور
Sekilas perbedaan pendapat terkait bentuk Hal dari Syibhul Jumlah:
Pertama: Yang menjadi Hal adalah dzharaf dan Jar Majrur itu sendiri.
Kedua: Yang menjadi Hal yaitu lafadz yang dibuang dan diperkirakan, karena Syibhul Jumlah wajib memiliki keterkaitan kejadian.
Perkiraanya seperti ini:
رأى خَالدٌ العَصْفُوْرَ مُسْتَقِرًّا فَوْقَ/على الشَّجَرةِ
مُسْتَقِرًّا : حال منصوب ومخدوف وجوبًا
Tidak ada komentar:
Posting Komentar