Jenis-Jenis Na’at
a. Na’at Mufrad
Na’at Mufrad adalah Na’at yang bentuknya Mufrad (Bukan Jumlah maupun Syibhul Jumlah). Contoh: جاءَ خَالدٌ المُجْتَهِدُ جاءَ التِلْمِذَانِ المُجْتَهِدَانِ جَاءَ التّلاميذُ المُجتَهِدُوْنَ Kata المُجْتَهِدُ / المُجْتَهِدَانِ / المُجتَهِدُوْنَ adalah Na’at yang bentuknya Mufrad (satuan) Artinya, bukan Jumlah ataupun Syibh Jumlah.
b. Na’at Jumlah
Na’at Jumlah adalah Na’at yang bentuknya berupa Jumlah, baik ismiyyah atau fi’liyyah قال ابن عقيل : تقع الجملة نعتا كما تقع خبرا وحالا وهي مؤولة بالنكرة أي لا ينعت بها إلا نكرة
Syarat Na’at Jumlah: Man’utnya harus Nakirah Mahdah. Apabila Man’utnya Nakirah Ghoir Mahdah atau Makrifat, maka kedudukanya cendrung menjadi Hal. Ini salah satu yang membedakan Na’at Jumlah dan Hal Jumlah.
قال عباس حسن : إذا وقع شبه الجملة بعد معرفة أو نكرة، فإنه يصلح أن يكون حالًا أو صفة إلا في صورة واحدة، هي: أن تكون النكرة محضة فتعين أن يكون صفة، ليس غير”
Apabila Jumlah atau Syibhul Jumlah terletak setelah Isim Makrifat atau Nakirah Ghoir Mahdah, dia boleh menjadi Na’at atau Hal. Kecuali apabila Man’utnya berupa Nakirah Mahdah, maka hanyalah menjadi Na’at Pada Na’at Jumlah, mesti terdapat dhamir pengikat yang kembali kepada Man’ut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar