Minggu, 15 November 2020

I'rob shigot muntahal jumu' ketika berupa isim manqush

 Bagaimana ‘irabnya apabila shighat muntahal jumu’ merupakan isim manqus ? 


“Isim manqus adalah isim yang berakhiran huruf Ya’ lazimah, berharakat sukun yang huruf sebelum Ya’ tersebut berharakat kasrah seperti دَوَاعِي / ثَوَانِي ” Jawab: Apabila shighat muntahal jumu’ merupakan kompok dari isim manqus yang tidak dimasuki Alif Lam, maka huruf Ya’ harus dibuang dalam keadaan rafa’ dan jar yang diganti dengan Tanwin ‘Iwad. Adapun dalam keadaan nashab, huruf Ya’ tetap nampak dan berharakat fathah tanpa tanwin. (Pendapat mayoritas) Jadi ‘irabnya Marfu’ dengan dhammah muqaddarah atas huruf Ya’ yang dibuang, Manshub dengan Fathah Dzahirah dan Majrur dengan fathah muqaddarah atas huruf Ya’ yang dibuang, 

Contoh: 

دَوَاعِي / ثَوَانِي Da’i / Detik2 Keduanya merupakan shighat muntahal jumu’ berwazan فَوَاعِلُ dari bentuk tunggal (دَاعِيَة dan ثَانِية ) 

Contoh dalam kalimat berikut ‘irabnya:


 الأسَاتِيْذُ دَوَاعٍ / رأيتُ دَوَاعِيًا أَمَامَ المَسْجِدِ / انتَفَعْتُ مِنْ دَوَاعٍ 


Para ustad adalah para da’i / aku melihat para da’i di depan mesjid / aku mengambil faidah dari pada da’i 


دَوَاعٍ : خبر مرفوع وعلامة رفعه الضمة المقدرة على الياء المحذوفة

 دَوَاعِيًا : مفعول به منصوب وعلامة نصبه الفتحة الظاهرة دَوَاعٍ : اسم مجرور بالباء وعلامة جره الكسرة المقدرة على الياء المحذوفة 


Apabila dimasuki alif lam atau idhafat, maka huruf Ya’ tetap nampak namun dalam keadaan rafa’ dan jar tidak diberi harokat sedangkan dalam keadaan nashab diberi harokat.


 Perhatikan contoh berikut harokat kata الثَوَانِي


 لَيْسَتْ الثَوَانِي إِلاَّ قِطْعًا مِنَ الحياةِ نفقها، ونحن عنها غافلون



لَيْسَ العُمْرُ إِلاَّ الثوانيَ الَّتي نَسْتَهِيْنُ بها


 Umur itu tidak lain kecuali detik2 yang kita abaikan. 

مِنَ الثَوَانِي تَكُوْنُ السَّاعَاتُ وَالأَيَّامُ


 Detik2 merupakan bagian dari waktu dan hari.


Untuk perluasan pendapat lain (minoritas) silahkan lihat referensi: عباس حسن، النحو الوافي ,ج٤, ص ٢١٢. 


Ibnu Malik berkata:

 وَكُنْ لِجَمْعٍ مُشْبِهٍ مَفَاعِلاَ # أَوِ الْمَفَاعِيلَ بِمَنْعٍ كَافِلاَ 


Jama’ taksir yang serupa dengan wazan مَفَاعِلُ atau مَفَاعِيْلُ masuk ghoiru munshorif


وَذَا اعْتِلاَلٍ مِنْهُ كَالْجَوَارِى # رَفْعاً وَجَرًّا أَجْرِهِ كَسَارِى Shighot muntahal jumu’ yang mu’tal akhir seperti اْلجَوَارِى  ketika dalam keadaan rofa’ dan jar berlaku seperti isim manqus.

contoh:

 سَارِى وَلِسَرَاوِيلَ بِهَذَا الْجَمْعِ #  شَبَهٌ اقْتَضَى عُمُومَ الْمَنْعِ Isim mufrod apabila serupa dengan shighot  muntahal jumu’ seperti kata سَرَاوِيْلَ juga berlaku ghoiru munshorif


وَإِنْ بِهِ سُمَّىَ أَوْ بِمَا لَحِقْ # بِهِ فَالاِنْصِرَافُ مَنْعُهُ يَحِقْ 


Shighot muntahal jumu’ atau lafadh yang seperti shighot muntahal jumu’ apabila dijadikan isim ‘alam ,maka berlaku ghoiru munshorif (mempumyai dua illat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar