Rabu, 25 November 2020

Definisi huruf athof dan makna huruf athof wawu

 Definisi ‘Athaf Nasaq


 (تعريف عطف النسق) هُوَ تَابِعٌ يَتَوَسَّطُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَتْبُوْعِهِ حَرْفٌ مِنْ حُرُوْفِ العَطفِ ” 


‘Athaf Nasaq adalah ta’bi yang mengikuti Matbu’ yang dihubungkan dengan Huruf ‘Athaf” 


Dalam stuktur kalimat ‘Athaf Nasaq terdapat tiga istilah pokok yang disebut dengan:

 (Huruf ‘Athaf), (Ma’tuf ‘Alaih) dan (Ma’tuf)


○ Ma’tuf ‘Alaih = Lafadz yang diikuti

○ Ma’tuf = Lafad yang mengikuti Huruf ○‘Athaf = Penghubung antara Ma’tuf ‘Alaih dan Ma’tuf 


Contoh:


 ذَهَبَ خَالدٌ وَ زَيْدٌ إِلَى المَدْرَسَةِ 


Kholid dan Zaid pergi ke Sekolah


 خَالدٌ : فاعل + معطوف عليه

 وَ : حرف عطف

 “زَيْدٌ : معطوف على “خَالد

 قال ابن مالك

 تَالٍ بحَرْفٍ مُتْبعٍ عَطْفُ النَّسَق #

 كَاخصُصْ بوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ 



   Isim Tabi’ (yg mengikuti) dengan perantara Huruf ‘Athaf (antara Tabi’ dan Matbu’nya), seperti contoh “اُخصُصْ بوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ “ “Istimewakan dengan kasih sayang dan pujian terhadap orang-orang yg jujur” Ma’tuf ‘Alaih dan Ma’tuf yang dihubungkan dengan Huruf ‘Athaf tidak hanya berlaku pada bentuk Mufrad (satuan) seperti contoh di atas. Namun banyak terjadi juga pada bentuk jumlah (kalimat). 


Jumlah Huruf ‘Athaf (عدد حروف العطف) 


Huruf yang digunakan sebagai penghubung antara Ma’tuf ‘Alaih dan Ma’tuf, semuanya berjumlah 9 huruf dan masing-masing memiliki spesifikasi khusus. 


Huruf-huruf tersebut adalah:

 الوَاو / الفَاء / ثُمَّ / أَوْ / أَمْ / لَكِنْ / لاَ / بَلْ / حَتَّى 


Huruf Wawu ( الواو ) = dan 


》■ Kandungan makna Mengandung arti bersama-sama dan berkumpul dalam satu waktu (مطلق الاشتراك والجمع). Berfungsi mengikat Ma’tuf ‘Alaih dan Ma’tuf keduanya berada dalam satu waktu yang sama.


 قال ابن مالك فاعْطِفْ بِوَاوٍ سَابِقَاً أَو لاَحِقَاً #  فِي الحُكْمِ أَو مُصَاحِبَاً مُوَافِقَاً 


“Hubungkanlah (Ma’tuf) dan (Ma’tuf ‘Alaih)dengan memakai Wawu dalam hal hukum atau bersamaan dan kesesuaian”. Contoh:

 وَصَلَ خَالدٌ وَ زَيْدٌ 

Kholid (dan/bersama) zaid telah sampai. Kholid dan Zaid sampai pada waktu bersamaan. Artinya, waktu sampainya mereka berdua tidak saling berurutan atau saling mendahului. 


》■Mengandung arti tartibi (urutan). Hal Ini terjadi ketika terdapat indikasi yang menunjukan adanya jarak waktu dalam kalimat ‘athaf dan ma’thuf.

 Contoh: وَصَلَ القِطَارُ وَالسَّيَّارَةُ بَعْدَهُ 

Kereta telah sampai (dan) mobil setelahnya

 قال تعالى: وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوحًا وَإِبْرَاهِيمَ 

“Dan sungguh kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim” Masa diutusnya Nabi Nuh dan Ibrahim tentu terjadi di zaman berbeda dan dalam jangka waktu panjang. 


》■Mengandung arti pilihan (تخيير). 

Hal ini terjadi ketika “Wawu ‘Athaf” terletak sebelum إِمَّا 

Contoh: اِذْهَبْ إلى المدرسةِ إِمَّا مَشْيًا وَإِمَّا رُكُوْبًا Pergi kau ke sekolah, baik sambil berjalan (dan) atau berkendara. 


》■Tidak mengandung arti sama sekali (tidak bersama-sama, tidak berurutan atau dan tidak juga saling mendahului) 

Contoh:

 حَضَرَتْ الطَّيَّارَةُ، وَ لَمْ تَحْضُرْ السَّيَّارَةُ Pesawat telah datang dan mobil belum. 



 Syarat dan Ketentuan Wawu ‘Athaf

: قال ابن مالك فاعْطِفْه بِواو سابقًا، أو لاَحِقًا # في

 الحُكْم، أَوْ مُصاحِبًا مُوافِقًَا # واخْصُصْ بِها عطف الَّذِي لا يُغْنِي # متْبُوعُه، كاصْطَفَّ هذَا وابْنِي 


》■Wawu ‘Athaf boleh menghubungkan banyak Ma’tuf dan yang menjadi Ma’tuf ‘Alaih hanyalah Lafadz yang paling depan. 


Contoh:


 قَرَأْتُ الكِتَابَ، وَالرِّسَالَةَ، وَالمَجَلَّةَ, وَ المَقَالَةَ، وَالقِصَّةَ 


Aku telah membaca buku dan surat dan majalah dan cerpen dan kisah


 الكتاب : معطوف عليه

 الرسالة : معطوف على الكتاب

 المجلة : معطوف على الكتاب

 المقالة : معطوف على الكتاب

 القصة : معطوف على الكتاب 


》■Wawu ‘Athaf boleh menghubungkan Ma’tuf dan Ma’tuf ‘Alaih yang keduanya berbentuk Mufrad atau Jumlah (kalimat), baik Ismiyyah atau Fi’liyyah dan Syibhul Jumlah. 


Contoh Mufrad:


 وَصَلَ خَالدٌ وَ زَيْدٌ 

Kholid dan Zaid telah sampai

 خَالدٌ : معطوف عليه مفرد زَيْدٌ : معطوف مفرد


 Contoh Jumlah Ismiyyah:

 مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ وَ مَنْ أَسَاءَ فَعَلَيْهَا وَمَا رَبُّكَ بِظَلَّامٍ لِلْعَبِيدِ. سورة فصلت ٤٦ 


Barangsiapa yang mengerjakan amal yang saleh maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka (dosanya) untuk dirinya sendiri; dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu menganiaya hamba-hamba-Nya.



 مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ : جملة اسمية معطوف عليها الواو : حرف العطف ومَنْ أَسَاءَ فَعَلَيْهَا : معطوف على ما قبلها 


Contoh Jumlah Fi’liyyah:


 قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَ تَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَ تُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَ تُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ. العمران ٢٦ Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.


 تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ : معطوف عليها وَ : حرف العطف تَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ : معطوف على ما قبلها وَ : حرف العطف تُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ : معطوف على ما قبلها وَ : حرف العطف تُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ : معطوف على ما قبلها 


Contoh Syibhul Jumlah dzharaf dan jar majrur Jar Majrur


 كَذَلِكَ يُوحِي إِلَيْكَ وَ إِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ اللَّهُ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ. الشورى ٣ 


Demikianlah Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, mewahyukan kepada kamu dan kepada orang-orang sebelum kamu.


 إِلَيْكَ : معطوف عليه و : حرف العطف إِلَى الَّذِينَ : معطوف على “إِلَيْكَ”


 Dzharaf

 رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ. الأعراف ٧٩ 

Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.

 بَيْنَنَا : معطوف عليه الواو : حرف العطف بَيْنَ قَوْمِنَا : معطوف على “بَيْنَنَا

Tidak ada komentar:

Posting Komentar