Definisi Na’at
(تعريف النعت) التَّابِعُ الدَالُ عَلى صِفَةٍ مِنْ صِفَاتِ مَتْبُوْعِهِ أَوْ مِنْ صِفَاتٍ مُتَعَلِّقٍ مَنْعُوْتُهُ
Na’at adalah Taabi’ (pengikut) yang menunjukan kepada suatu sifat dari pada sifat-sifat Man’utnya atau yang masih berkaitan dengan Man’utnya.
Contoh:
اِسْتَيْقَظَ خَالِدٌ المُجْتَهِدُ مِنْ نَوْمِهِ في السَّاعةِ الرّابعةِ صَبَاحًا ثمَّ قَامَ بِاالصَّلاةِ
Kholid (yang rajin) bangun tidur pukul 4 pagi lalu mendirikan sholat. Lafadz خَالِدٌ adalah Man’ut (yang disifati) dan lafadz المُجْتَهِدُ adalah Na’at (Sifat) Pembagian Na’at (أقسام النعت) Dari definisi di atas, terdapat dua kaidah penting terkait hubungan antara Na’at dan Man’ut.
Dari sini, Para Ulama membaginya menjadi dua kelompok yaitu :
●Na’at Haqiqi dan
●Na’at Sababi.
قال ابن مالك فَالنَّعْتُ تَابعٌ مُتِمٌّ مَا سَبَقْ # بِوَسْمِهِ أوْ وَسْمِ مَا بِهِ اعْتَلَقْ
Ibnu Malik berkata: “Na’at adalah Tabi’ yang menyempurnakan Isim (Man’ut) yang berada sebelumnya dengan cara mensifatinya yang disebut dengan (Na’at Haqiqi). Dan atau mensifati Isim yang masih berkaitan dengan Man’ut yang disebut dengan (Na’at Sababi)
A. Na’at Haqiqi
( النعت الحَقِيْقِي ) اِسْمٌ يَتَّبِعُ الاِسْمَ الَّذِي قَبْلَهَ (مَنْعُوت) أَو هُوَ الَّذِي يأتي وَصْفًا وَبَيَانًا لِلمَنْعُوْتِ نَفْسِهِ وَيَتَّبِعُهُ فِي جَمِيْعِ أَحْوَالِ إِعْرَابِهِ فِيِ التَّعْرِيْفِ وَالتَنْكِيْرِ، وَ التَّأْنِيْثِ وَالتَّذْكِيْرِ وَ الإِفْرَادِ وَالتَثْنِيَةِ وَالجَمْعِ وَالرَفْعِ وَالنَصْبَ وَالجَر
A.Na’at Haqiqi adalah Isim yang menjadi sifat atau penjelas bagi man’ut.
Kaidah ‘Irab Na’at Haqiqi: Keadaan ‘Irab Na’at selalu mengikuti ‘Irab Man’utnya dari segi apapun, baik Mufrad, Mudzakar, Muannats, Tastniyah, Jamak, Nakirah, Makrifat, Rafa, Nashab dan Jar. Agar lebih jelas, mari kita buat masing-masing contoh perubahan ‘Irabnya.
a). Contoh Na’at Haqiqi, Mufrad Mudzakar, Makrifat (Rafa, Nashab, Jar)
جَاءَ الطَّالِبُ المُجْتَهِدُ رَأَيْتُ الطَّالِبَ المُجْتَهِدَ مَرَرْتُ بالطَّالِبِ المُجْتَهِدِ
b). Contoh Na’at Haqiqi, Mufradah Muannatsah, Makrifat (Rafa, Nashab, Jar)
جَائَتْ الطَّالِبَةُ المُجْتَهِدَةُ رَأَيْتُ الطَّالِبَةَ المُجْتَهِدَةَ مَرَرْتُ بِالطَّالِبَةِ المُجْتَهِدَةِ
c). Contoh Na’at Haqiqi, Mutsana Mudzakar, Makrifat (Rafa, Nashab, Jar)
جَاءَ الطَّالِبَانِ المُجْتَهِدَان رَأَيْتُ الطَّالِبَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ مَرَرْتُ بالطَّالِبَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ
d). Contoh Na’at Haqiqi, Mutsana Muannats, Makrifat (Rafa, Nashab, Jar)
جَائَتْ الطَّالِبَتَانِ المُجْتَهِدَتان رَأَيْتُ الطَّالِبَتَيْنِ المُجْتَهِدَتَيْنِ مَرَرْتُ بالطَّالِبَتَيْنِ المُجْتَهِدَتَيْنِ
e). Contoh Na’at Haqiqi, Jamak Mudzakar Salim, Makrifat (Rafa, Nashab, Jar)
جَاءَ الطَّالِبُوْنَ المُجْتَهِدُوْنَ رَأَيْتُ الطَّالِبِيْنِ المُجْتَهِدِيْنَ مَرَرْتُ بالطَّالِبِيْنَ المُجْتَهِدِيْنَ
f). Contoh Na’at Haqiqi, Jamak Muannats Salim, Makrifat (Rafa, Nashab, Jar)
جَاءَتْ الطَّالِبَاتُ المُجْتَهِدَاتُ رَأَيْتُ الطَّالِبَاتِ المُجْتَهِدَاتِ مَرَرْتُ بالطَّالِبَاتِ المُجْتَهِدَاتِ
Untuk contoh Na’at Nakirah, cukup buang Alif Lam, misalkan:
جَاءَ طَالِبٌ مُجْتَهِدٌ طَالِبٌ : مَنْعُوت مُجْتَهِدٌ : نَعَت
B. Na’at Sababi
( النعت السَبَبِي ) هُوَ الَّذِي يأتي وَصْفًا وَبَيَانًا لاِسْمٍ لَهُ مُتَعَلِقٌ بِالمَنْعُوْتِ ، وَيَتَّبِعُهُ فِيِ التَّعْرِيْفِ وَالتَنْكِيْرِ وَ وَالرَفْعِ وَالنَصْبَ وَالجَر, وَيَتَّبِعُ الاسم بعده في التَّأْنِيْثِ وَالتَّذْكِيْرِ
Na’at Sababi adalah Isim yang menjadi sifat atau penjelas bagi Isim yang masih berhubungan dengan Man’ut. Apa yang menjadi penghubung antara Man’ut dan Isim ini ? yaitu adanya Dhamir yang nempel pada Isim setelah Na’at.
جَاءَ الطَّالِبُ الكَرِيْمَةُ أُمُهُ
Dhamir الهاء pada أُمُهُ dia yang berfungsi mengikat الطَّالِبُ dan أم sehingga keduanya dianggap berhubungan yang dampaknya merubah ‘irab Na’at lafadz الكَرِيْمَةُ
Kaidah ‘Irab Na’at sababi: Keadaan ‘Irab Na’at hanya mengikuti ‘Irab Man’utnya dari segi Makrifat, Nakirah, Rafa, Nashab dan Jar. Sedangkan untuk bentuk Mudzakar dan Muannatsnya mengikuti Isim setelahnya.
انظر : عباس حسن، النحو الوافى، ج ٣, ص ٤٥٤
Contoh:
جَاءَ الطَّالِبُ الكَرِيْمَةُ أُمُهُ رَأيْتُ الطَّالِبِيْنَ المُجْتَهِدَ أُسْتَاذُهُمْ مررتُ بِالطَّالِبَةِ النَّاجِحِ أَخُوْهَا هٰذَا البَيْتُ الصَغِيْرَةٌ غُرَفُهُ هٰذِهِ الحَدِيْقَةُ الجَمِيْلُ مَنْظَرُهَا
Lafadz الكَرِيْمَةُ / المُجْتَهِدَ / النَّاجِحِ / الصَغِيْرَةٌ / الجَمِيْلُ semuanya adalah Na’at untuk Isim yang terletak setelahnya. Perhatikan lafadz الكَرِيْمَةُ dia adalah Na’at Makrifat dengan Alif Lam. Dia menyesuaikan diri dengan Lafadz الطَّالِبُ sebagai Man’utnya. Lalu Lafadz الكَرِيْمَةُ juga Muannats karena menyesuaikan diri dengan Isim setelahnya yang berkedudukan sebagai Fa’il.
رَأيْتُ : فعل + فاعل•
الطَّالِبِيْنَ : مفعول به + منعوت•
المُجْتَهِدَ : نعت•
أُسْتَاذُ : فاعل•
هُمْ : ضمير عائد لمنعوت•
جَاءَ : فعل•
الطَّالِبُ : فاعل + منعوت•
الكَرِيْمَةُ : نعت•
أُمُ : فاعل•
الهاء : ضمير عائد لمنعوت •
Perhatikan perbedaan contoh-contoh di bawah untuk Na’at Haqiqi dan Sababi.
( هٰذِهِ سَيَّارَةٌ جَمِيْلَةٌ -» حقيقي
هذا الرَجُلُ الكَرِيْمُ صَدِيْقُهُ -» سببي
ضَرَبَ الرَجُلُ القويُّ الكَلْبَ -» حقيقي
ضَرَبَ الرَجُلُ القويُّ أَبُوْهُ الكَلْبَ -» سببي
هٰذه حَدِيْقَةٌ وَاسِعَةٌ -» حقيقي
هٰذَ البَيْتُ الجَمِيْلَةُ حَدِيْقَتُهَا -» سببي
جَاءَ الطُّلابُ الكرماءُ -» حقيقي
جَاءَ الطُّلابُ الكريمةُ أُمَهَاتُهُمْ -» سببي
رَأَيْتُ التِلْمِذَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ -» حقيقي
رَأَيْتُ التِلْمِذَيْنِ المُجْتَهِدَ صَدِيْقُهُمَا -» سببي
Tidak ada komentar:
Posting Komentar