Senin, 23 November 2020

Isim-isim yang bisa menjadi Na'at

 Isim-Isim yang dijadikan Na’at Pada dasarnya, Isim yang biasa dijadikan Na’at adalah Isim yang secara lafadz termasuk Musytaq, seperti :

(Isim Fa’il, Isim Maf’ul, Sifat Musyabahah, Isim Tafdhil dan Syigh Mubalaghah)


 قَال ابن عقيل : لاَ يُنْعَتُ إِلاَّ بِمُشْتَقٍ لَفْظًا أَوْ تَأْوِيْلاً انظر : شرح ابن عقيل،ج ١, ص ١٨١ 


Contoh:


 خالدٌ طَالِبٌ مَاهِرٌ خَالدٌ تِلْمِيْذٌ مَحْمُوْدَةٌ أَخْلاَقُهُ خَالدٌ تِلْمِيْذٌ حَسَنٌ سُلُوْكُهُ خَالدٌ تِلْمِيْذٌ أَحْسَنُ مِنْ زَيْدٍ خَالدٌ تِلْمِيْذٌ فَطِنٌ فِي الفَصْلِ 


Isim-Isim Musytaq di atas adalah Lafadz asli yang biasa dijadikan Na’at. Namun banyak juga Isim-Isim selain Musytaq yang dijadikan Na’at, seperti Isim Isyarah, Isim Maushul, Masdar dan lainya. Dari sini, Para Ulama meletakan kaidah khusus yang mengharuskan Isim-Isim selain Musytaq ketika posisinya menempati tempat na’at harus ditakwil atau diperkirakan kedalam Bentuk Musytaq. Isim Isyarah termasuk Makrifat, dia hanya menjadi Na’at bagi Man’ut yang juga Makrifat, baik Man’utnya makrifat dengan Alif Lam atau Idhafat. 


Contoh: أَسْكُنُ فِي القَريَةِ هٰذِهِ 


Lafadz هٰذِهِ adalah Isim Isyarah yang dijadikan Na’at untuk القَريَةِ . Sebagaimana tertera pada syarat di atas, maka isim isyarah ini mesti ditakwil (diperkirakan) kedalam bentuk Musytaq menjadi lafadz المُشَارُ إليه Contoh dalam AlQuran:


 قَالَ بَلْ فَعَلَهُ كَبِيرُهُمْ هَٰذَا. سورة الأنبياء ٦٣ 


Lafadz هَٰذَا adalah Isim Isyarah yang dijadikan Na’at untuk كَبِيرُهُمْ dengan mentakwilnya menjadi lafadz المُشَارُ إليه Perkiraan setelah ditakwil:


 تقدير : قَالَ بَلْ فَعَلَهُ كَبِيرُهُمْ المُشَارُ إليه 


Adapun untuk Isim Isyarah yang menunjukan arti kata tempat seperti هُنا dan ثَمَّ, mereka dan kawan-kawan tidak dijadikan Na’at karena masuk pada pasal Dzharaf. Ini akan diperluas di bawah pada masalah Na’at Syibhul Jumlah. 


•Isim Maushul yang ber Alif Lam seperti الَّذِي/ الّتي Isim Maushul sama seperti halnya Isim Isyarah, dia sudah termasuk isim makrifat dengan Alif Lam yang asalnya (ذا) menjadi (الذي) maka jika ingin dijadikan Na’at, untuk Man’utnya harus juga Makrifat. 


Contoh:


 رَأيْتُ التِلْمِيْذَ الَّذِي نَجَحَ فِي الامتِحَانِ 


Lafadz الَّذِي adalah Isim Maushul yang menjadi Na’at dari التِلْمِيْذَ dengan mentakwilnya kedalam bentuk Musytaq menjadi النَاجِحَ (yang lulus) Perkiraan setelah ditakwil:


 تقدير : رَأيْتُ التِلْمِيْذَ النَاجِحَ فِي الامتِحَانِ 


Dalam AlQuran:

 مَّثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ. سورة محمد ١٥ 


Isim Maushul الَّتِي menjadi Na’at bagi Man’ut Isim الْجَنَّةِ lalu ditakwil kedalam bentuk Musytaq menjadi المَوْعُوْدِ Perkiraan setelah ditakwil: تقدير : مَّثَلُ الْجَنَّةِ المَوْعُوْدِ بِهَا الْمُتَّقُونَ 


•Adad (hitungan) فِي الفَصْلِ تَلاَمِيْذُ ثَلاَثُوْنَ 

Lafadz ثَلاَثُوْنَ adalah ‘Adad yang menjadi Na’at bagi تَلاَمِيْذُ kemudian ditakwil kedalam bentuk Musytaq menjadi مَعْدُوْدُوْنَ Perkiraan setelah ditakwil:


 تقدير : فِي الفَصْلِ تَلاَمِيْذُ مَعْدُوْدُوْنَ بثَلاَثِيْنَ 


Dalam AlQuran:


 وَكُنْتُمْ أَزْواجاً ثَلاثَةً. سورة الواقعة 

٧ أَزْواجاً : منعوت ثَلاثَةً : نعت تقدير : وَكُنْتُمْ أَزْواجاً مَعْدُوْدُوْنَ بثَلاثَةٍ 


•Nisbah Nisbah yaitu menabahkan huruf Iya pada akhir kata isim. Misalkan negara Indonesia menjadi indonesiyyi (orang indonesia).


 هٰذا رَجُلٌ اندونيسيٌّ اشتهر الرجلُ الاندونيسيُّ بالنشاطِ 


Lafadz اندونيسيُّ / الاندونيسيُّ adalah Nisbah yang menjadi Na’at bagi رَجُلٌ/ الرجلُ kemudian ditakwil menjadi bentuk Musytaq lafadz مَنْسُوْبٌ Perkiraan setelah ditakwil:


  تقدير : هٰذا رَجُلٌ مَنْسُوْبٌ إلى بلد الاندونيسيا 


•Mashdar  هٰذا طَالِبٌ ثِقَّةٌ جاء رجلٌ عَدْلٌ 


Lafadz ثِقَّةٌ dan عَدْلٌ adalah mashdar yang menjadi Na’at bagi طَالِبٌ kemudian ditakwil menjadi bentuk Musytaq مَوْثُوْقٌ / عَادِلٌ Perkiraan setelah ditakwil:


 تقدير : هٰذا طَالِبٌ مَوْثُوْقٌ جاء رجلٌ عَادِلٌ 


•Lafadz ذُوْ yang bermakna صَاحِبٌ (pemilik)


 هٰذَ رَجُلٌ ذُوْ مَالٍ 


Orang ini pemilik harta Lafadz ذُوْ adalah Na’at dari رَجُلٌ lalu ditakwil menjadi bentuk Musytaq lafadz صَاحِبٌ 

Perkiraan:


 هٰذَ رَجُلٌ صَاحِبُ مَالٍ 


Sedikit Perluasan tentang ( ذُوْ). 


Ibnu Siraj berkata: “Jika Lafadz ذُوْ dijadikan Na’at, dia harus memenuhi syarat berikut: 


》Harus bermakna صاحب 

》Harus menjadi Mudhof (Diidhofatkan)

》Tidak diidhofatkan kepada Dhomir 

》Harus diidhofatkan kepada Isim Nakirah, jika lafadz ذُوْ menjadi Na’at untuk Man’ut Nakirah Contoh:


 هٰذَ تِلْمِيْذٌ ذُوْ عِلْمٍ

 تِلْمِيْذٌ : منعوت نكرة

 ذُوْ : نعت + مضاف

 عِلْمٍ : مضاف إليه نكرة تقدير : هٰذَ تِلْمِيْذٌ صَاحِبُ عِلْمٍ


》Harus diidhafatkan kepada Isim Makrifat, jika lafadz ذُوْ menjadi Na’at untuk Man’ut Makrifat.


 رَأيْتُ التِلْمِيْذَ ذَا العِلْمِ

 التِلْمِيْذَ : منعوت معرفة

 ذَا : نعت + مضاف العِلْمِ : مضاف إليه معرفة


Perubahan bentuk Lafadz ذُوْ 

□Mufrad Mudzakar Rafa ذُوْ 

□Mufrad Mudzakar Nashab ذَا 

□Mufrad Mudzakar Majrur ذِي 

□Mufradah Muannatsah ذَاتَ 

□Tsatniyah Rafa ذَوَا 

□Tsatniyah Nashab dan Jar ذَوِي 

□Jamak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar