Amil-amil yang menashabkan Maf’ul Mutlaq
1). Mashdar
‘Amil pertama yang menashabkan Maf’ul Mutlaq adalah Mashdar, baik secara Makna dan Lafadz atau secara Makna tanpa Lafadz
●Secara makna dan lafadz.
Contoh:
قوله تعالى قالَ اذْهَبْ فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَإِنَّ جَهَنَّمَ جَزاؤُكُمْ جَزاءً مَوْفُوراً. سورة الإسراء ٦٥
(Allah) berfirman, “Pergilah, barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamlah balasanmu semua, sebagai pembalasan yang cukup.
جَزاءً مَوْفُوراً : مفعول مطلق منصوب و موصوف
Lafadz جَزاءً adalah Maf’ul Mutlaq dan Lafadz جَزاؤ (Mashdar) sebagai ‘amil yang menashabkanya. Antara mereka berdua terdapat kesamaan dari segi makna dan lafadz yaitu terdiri dari huruf-huruf ( ج/ز/ا/ء )
●Secara makna tanpa lafadz.
Contoh:
أَعْجَبَنِي إِيْمَانُكَ بالرسول تَصْدْيْقًا
Imanmu terhadap Rasul sebagai pembenaran telah membuatku kagum.
Lafadz تَصْدْيْقًا adalah naib/pengganti maf’ul mutlaq dan lafadz إِيْمَانُكَ (mashdar) sebagai ‘amilnya yang menashabkanya. Antara mereka berdua hanya sama dari segi makna namun lafadznya berbeda. Jadi disini untuk ‘Irab تَصْدْيْقًا bukan Maf’ul Mutlaq, melainkan “Niyabah” (pengganti) Maf’ul Mutlaq karena lafadznya berbeda dengan ‘amilnya. Akan diperjelas dibawah.
2). Fi’il
‘Amil kedua yang menashabkan Maf’ul Mutlaq adalah Fi’il.
Contoh:
قوله تعالى مِّنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُم مَّن قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُم مَّن يَنتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا
Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya).
تَبْدِيلًا :
مفعول مطلق منصوب لتأكيد
Lafadz تَبْدِيلًا adalah Maf’ul Mutlaq dan lafadz بَدَّلُوا (Fi’il) sebagai ‘Amil yang menashabkanya.
Syarat fi’il yang bisa dijadikan ‘amil untuk maf’ul mutlaq:
●Harus Fi’il yang Mutasharif (bukan Jamid) seperti Fi’il عسى dan ليس
●Harus Fi’il Taam (bukan Naaqis) seperti fi’il naqis كان dan sudarinya.
كان خالد ناجحا كونًا
Lafadz كونًا tidak sah menjadi Maf’ul Mutlaq. ●Bukan Fi’il yang menghapus hukum ‘irab Mubtada dan Khobar, seperti ظَنَّ dan saudarinya.
ظننت خالدا ناجحا ظَنّا
Lafadz ظَنّا tidak sah menjadi Maf’ul Mutlaq. ●Bukan Fi’il Ta’ajub yang dipakai pada uslub ta’ajjub.
Contoh
مَا أجْمَلَ المَنَاظِرَ جملاً
Lafadz جملاً tidak sah menjadi Maf’ul Mutlaq.
3). Isim Muystaq
‘Amil ketiga yang menashabkan Maf’ul Mutlaq adalah Isim muystaq yang mencakup Isim fa’il, Isim maf’ul dan sighah mubalagah. Adapun untuk Isim tafdhil dan sifat musyabahah tidak termasuk ‘amil yang menashabkan maf’ul mutlaq kecuali menurut Ibnu Hisyam.
Contoh untuk ‘Amil Isim Fa’il:
وَالصَّافَّاتِ صَفًّا. سورة الصافات
١ صَفًّا : مفعول مطلق منصوب عامله اسم فاعل الصَّافَّاتِ
Contoh sederhana:
أنا ضَارِبٌ زيداً ضرباً
Aku memukul zaida dengan sebenarnya pukulan.
Lafadz ضرباً Maf’ul Mutlaq dan Isim Fa’il ضَارِبٌ selaku ‘amil yang menashabkanya.
Contoh untuk ‘Amil Isim Maf’ul:
خَالِدٌ مَضْرُوْبٌ ظَرْبًا
Kholid dipukul dengan sebenarnya pukulan.
Lafadz ضرباً Maf’ul Mutlaq dan Isim Maf’ul مَضْرُوْبٌ selaku ‘amil yang menashabkanya.
Contoh untuk ‘amil shighah mubalaghah:
خَالدٌ فَرِحٌ فَرْحًا
Lafadz فَرْحًا Maf’ul Mutlaq dan Isim Syigh Mubalaghah فَرِحٌ sebagai ‘Amil yang menashabkanya.
Apakah bentuk Mashdar yang dijadikan Maf’ul Mutlaq mesti dari kata/huruf yang sama seperti fi’ilnya ?
Tidak mesti, dalam hal ini terbagi menjadi tiga bagian.
●Bentuk Mashdar yang dijadikan Maf’ul Mutlaq adalah hasil pembentukan dari fi’ilnya (sama lafadz) قَعَدَ خَالدٌ قُعُوْدًا
●Bentuk Mashdar yang dijadikan Maf’ul Mutlaq berbeda Lafadz dengan Lafadz fi’ilnya. قَعَدَ خَالدٌ جُلُوْسًا
●Bentuknya bukan Mashdar, melainkan Isim Mashdar
وَاللَّهُ أَنبَتَكُم مِّنَ الْأَرْضِ نَبَاتًا
Lafadz نَبَاتًا Maf’ul Mutlaq namun dia bukan Mashdar dari Fi’il أَنْبَتَ yang seharusnya إنْبَاتًا.
Lafadz نَبَاتًا adalah Isim Mashdar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar