Pengertian Dhomir Muttasil
Definisi Dhomir Muttashil Di Kitab Jami’ud Durus Al Arabiyah
الضَّميرُ المتصلُ ما لا يُبتدأُ به، ولا يقعُ بعد “إلا” إلاَّ في ضَرورة الشعر. كالتاءِ والكاف من “أكرمتُكَ”، فلا يُقالُ “ما أكرمتُ إلاّكَ”.
Dhomir muttasil adalah kata ganti yang tidak digunakan di permulaan kalam, dan tidak jatuh setelah illa (إلاَّ) kecuali pada dhorurotusy syi’ri.
Contohnya seperti:
ta’ dan kaf pada lafadz أكرمتُكَ. Maka tidak boleh disebutkan dengan ما أكرمتُ إلاّكَ (diselingi kaf-nya didahului illa, kalau diselingi illa harusnya ditulis ما أكرمتُ إلاّ َاَنْتَ).
Point Penting Dhomir Muttasil
Jadi, tidak mungkin dhamir muttashil itu:
ada di permulaan kalam, pasti dia ada di belakang (bersambung) dengan kata lainnya. Contohnya di atas, dia ada di belakang lafadz akroma.
Tidak jatuh setelah lafadz illa.
Dua point penting itu harus diingat-ingat.
Jika dia ada di permulaan kalam atau jatuh setelah illa, maka disebut dhomir munfashil.
Pengecualian Dhomir Muttasil Dalam Syiir Dhoruroh
وقد وردَ في الشعر ضَرورةً، كما قال الشاعر
[من البسيط]
وما عَليْنا إذا ما كُنتِ جارَتَنا … ألاَّ يُجاوِزنا إلاَّكِ دَيَّارِّ
وكما قال الآخر [من الطويل] أَعوذُ بِرَبِّ العَرشِ من فِئَةٍ بَغَتْ … عليَّ، فمالي عَوْضُ إِلاَّاهُ ناصِرُ
Telah disebutkan di dalam syi’ir karena dhorurah, seperti syiir berikut ini (pakai dhamir muttashil setelah illa):
وما عَليْنا إذا ما كُنتِ جارَتَنا … ألاَّ يُجاوِزنا إلاَّكِ دَيَّارِّ
Syiir lain juga menyebutkan:
أَعوذُ بِرَبِّ العَرشِ من فِئَةٍ بَغَتْ … عليَّ، فمالي عَوْضُ إِلاَّاهُ ناصِرُ
Jumlah Dhomir Muttashil
Melanjutkan apa yang disebutkan di kitab Jami’ud Durus Al ‘Arabiyah:
والضمائرُ المتصلةُ تسعةٌ، وهي “التاءُ ونا والواوُ والألفُ والنونُ والكافُ والياءُ والهاءُ وها”.
Dhomir muttasil itu jumlahnya ada sembilan, yaitu:
ta’ (التاءُ), nantinya ada yang berharakat fathah (ta), kasroh (ti) dan dhommah (tu)
Nun alif (baca naa: نا ): untuk mutakallim ma’al ghair atau orang pertama lebih dari satu.
wawu (الواوُ) untuk jamak mudzakkar salim
alif
nun
kaf
ya
ha (الهاءُ) bisa dibaca hu atau hi nantinya.
haa (ha’ alif: ها): dhomir muttasil هَا menunjukkan kata ganti untuk perempuan (muannats) ghaibah 1 orang (dia perempuan 1), contohnya madrosatun karena ada ta’ marbuthoh maka masuk kategori muannats dan kata gantinya adalah هَا (muttashil).
I’rab Dhomir Muttashil
Dari 9 jenis isim dhomir muttashil tersebut, bisa dikelompokkan menjadi 3 berdasarkan i’robnya.
Berikut ini 3 kelompok dhamir muttashil berdasarkan i’robnya:
1. Dhomir Muttashil Mahal Rofa’ (Dhamir Muttashil Marfu)
Isim Dhamir Muttashil yang hanya berlaku dalam keadaan rofa‘ disebabkan karena hanya ada dalam fa’il atau naibul fa’il.
Ada 4 dhomir yang hanya berlaku dalam keadaan rofa’:
alif: كتبَا , untuk isim tatsniyah. artinya dia berdua laki-laki telah menulis, dan dhamir alif tersebut berfungsi sebagai pelaku/fail/subjek.
ta’, contohnya كتبْت (bisa dibaca katabta, katabti, katabtu). dhomir tersebut juga lil fail.
wawu, contohnya: كتبُوْا (untuk jamak mudzakkar salim). lil fail juga.
nun. contohnya: وكتبْنَ. (jamak muannats salim). lil fail.
2. Dhomir Muttashil Yang Bisa Rofa’, Nashob Dan Jar
Perlu diingat lagi, isim gak mungkin ada pada i’rob jazem karena i’rob jazem adalah irob khusus pada kalimat fiil.
Dua isim dhomir muttashil yang masuk pada keadaan rofa’, nasob, dan jer adalah:
A. Dhamir Naa
rofa’: contohnya كتَبْنَا (kami telah menulis, dhamir berfungsi sebagai fa’il atau subjek)
nashob: أكرَمَنا المعلمُ
jer: كِتَابُنَا.
B. Dhamir Ya’
rofa’: تَكتُبِيْنَ , اكتُبِي.
nashob: أَكْرَمَني الْمُعَلِّم
jer: كِتَابِي.
3. Tidak Bisa Rofa’
Sisanya, ada 3 dhomir muttasil, itu tidak mungkin dalam keadaan rofa‘ karena ketiganya tidak bisa di-isnadi, yaitu:
kaf
haa ,
ha (الهاءُ)
A. Dhamir Muttashil Mansub
Contohnya:
kaf: أَكْرَمْتُك (akromtuka atau akromtuki).
haa: أَكْرَمْتُهَا.
ha (الهاءُ): أَكْرَمْتُهُ.
B. Dhamir Muttashil Majrur
Contohnya:
kaf: أحسنتُ إليك (ilaika atau ilaiki).
haa: أحسنتُ إليها.
ha (الهاءُ): أحسنتُ إليهِ.
Dhomir Muttasil Lil Fa’il
Dari 9 jenis dhamir di atas, ada yang ketambahan dengan dengan mim jamak, mim alif tatsniyah, dan nun musyaddadah muannats.
Seperti telah disebutkan di atas juga, ada dhomir yang bisa rofa dan ada yang tidak.
Yang tidak bisa dalam posisi rofa’ sebagai fa’il adalah kaf, haa, dan ha‘.
Sisanya bisa rofa’ dengan menjadi fa’il atau naibul fail.
Pada Fiil Madhi
Dhamir muttashil lil fail pada fiil madhi sebagai berikut:
alif di ghaib tatsniyah mudzakkar , contohnya: كَتَبَا yang artinya mereka berdua laki-laki telah menulis. Dhamir alif di sini berfungsi sebagai fa’il.
wawu di ghaib jamak mudzakkar, contohnya: كَتَبُوْا yang artinya mereka laki-laki telah menulis. Dhamir wawu menjadi fa’il.
alif di ghaibah tatsniyah muannats, contohnya: كَتَبَتَا yang artinya mereka berdua perempuan telah menulis. Dhamir alif di sini berfungsi sebagai fa’il.
nun di ghaibah jamak muannats, contohnya: كَتَبْنَ yang artinya mereka perempuan telah menulis. Dhamir nun menjadi fa’il.
ta’ pada mukhotob, baik mudzakkar maupun muannats:
mufrod mudzakkar: كَتَبْتَ artinya kamu laki-laki satu telah menulis.
tatsniyah mudzakkar: كَتَبْتُمَا artinya kalian berdua laki-laki telah menulis. Dhamir ta’ mendapatkan tambahan mim dan alif (مَا), dhamir aslinya adalah ta’.
jamak mudakkar: كَتَبْتُمْ artinya kalian laki-laki telah menulis. Dhomir ta’ mendapatkan tambahan mim.
mufrod muannats: كَتَبْتِ yang artinya kamu perempuan satu telah menulis.
tatsniyah muannats: كَتَبْتُمَا, yang artinya kamu berdua perempuan telah menulis.
jamak muannats: كَتَبْتُنَّ yang artinya kalian permepuan telah menulis. Dhomir ta mendapatkan tambahan nun musyaddadah.
ta’ pada mutakallim wahdah, contohnya: كَتَبْتُ artinya aku telah menulis.
naa (nun alif) pada mutakallim jamak atau mutakallim ma’al ghair, contohnya: كَتَبْنَا artinya kita telah menulis.
Sisanya, di ghaib mudzakkar mufrod dan ghaibah muannats mufrodah: كَتَبَ كَتَبَتْ, dhamir yang ada adalah dhamir mustatir, yang dhamirnya tersembunyi.
Jadi, pada fiil madhi, isim dhomir muttashil lil fail hanya ada 5 dari 9 dhomir muttasil yang ada, yaitu:
alif
wawu
nun
ta’
naa (nun alif)
Pada Fiil Mudhori’
Dhamir muttashil yang ada pada fiil mudhori’ yaitu:
alif: يَكْتُبَانِ (mereka berdua laki-laki sedang/akan menulis), تَكْتُبَانِ (mereka berdua perempuan sedang/akan menulis), takbtubaani berlaku juga untuk kamu berdua laki-laki dan kamu berdua perempuan…..
wawu: يَكْتُبُوْنَ (mereka laki-laki sedang/akan menulis), تَكْتُبُوْنَ (kalian laki-laki ….)
nun: يَكْتُبنَ (mereka perempuan …), تَكْتُبْنَ (kalian perempuan …)
ya’: تَكْتُبِيْنَ, (kamu perempuan satu …)
Pada Fiil Amr
alif: اُكْتُبَا (kamu berdua, tulislah!) ⇒ bisa dipakai untuk mudzakkar dan muannats.
wawu: اُكْتُبُوْا (kalian, tulislah!)
ya’: اُكْتُبِي (kamu perempuan, tulislah!)
nun: اُكْتُبْنَ (kalian perempuan, tulislah!)
Silakan dihafalkan dengan rumus (di baca dlomir nya untuk pengingat)
hu huma hum
haa huma hunna
ka kuma kum
ki kum kuma kunna
na ni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar