Selasa, 15 Februari 2022

Harakat hamzahإنّ wajib Kasrah

 Harakat hamzah wajib Kasrah


  Apabila إنّ + isim + khabarnya (mashdar muawwal) tidak memungkinkan untuk dirubah menjadi bentuk mashdar sharih, maka terdapat beberapa tempat dimana hamzah pada in wajib kasrah, di antranya:


قال ابن مالك

فاكسر في الابتداء في بدء صلة وحيث إن ليمين مكمله # أو حكيت بالقول أو حلت محل حال كزرته وإني ذو أمل # وكسروا إن من بعد فعل علقا باللام كاعلم إنه لذو تق


📝Apabila posisi إن berada diawal kalimat (في ابتداء الكلام) tidak didahului perkataan apapun.


Contoh:


إِنَّكَ مُجْتَهِدٌ


Kamu sungguh rajin


إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ


Pada kedua contoh di atas, hukum harakat hamzah إنّ wajib kasrah karna susunan tersebut tidak bisa diperkirakan menjadi mashdar muawwal.


📝Apabila posisi إنّ terletak setelah kata Qoul قول atau kata yang semakna dengan Qoul (baik bentuknya fi’il madhi, fi’il mudhari‘, atau fi’il ‘amr). Maka harakat hamzah wajib kasrah

Contoh:


قَالَ إِنَّكِ جَمِيْلةٌ

Dia bilang kamu cantik


قَالَ خَالِدٌ إنَّ اللغة العربية سَهْلَةٌ

Kholid bilang bahasa arab itu mudah


قُل إِنَّ الهُدَى هُدَى اللَّهِ -العمران ٧٣

Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah.


📝Apabila إن berada di posisi permulaan jumlah Hal (حال)

Pelajari Materi tentang Hal dan Sahibul hal


Berikut contoh إنّ yang berada diposisi permulaan jumlah Haal (حال)


رَأيْتُكَ وإِنَّكَ تَبْكي

Aku melihatmu dan sesungguh kamu dalam keadaan sedang menangis.


Karna kalimat   وإِنَّكَ تَبْكي berada di posisi permulaan jumlah hal, maka harakat hamzah in wajib kasrah.


📝Apabila إنّ berada di posisi permulaan jumlah Silah Maushul (جملة الصلة) seperti

Contoh:


حَضَرَ الذِي إِنَّهُ نَاجِحٌ في الامتحان

Telah hadir orang yang lulus dalam ujian


وَآتَيْنَاهُ مِنَ الكُنُوزِ مَا إِنَّ مَفَاتِحَهُ لَتَنُوءُ بِالعٌصْبَةِ أُو۟لِى ٱلْقُوَّةِ – القصص ٧٦

Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat.


Pelajari Materi apa itu Isim Maushul✏📌


📝Apabila إنّ berada di posisi jumlah jawab qasam (sumpah), dimana khabarnya ditempeli lam Ibtida atau lam muzhaliqah atau lam taukid

Contoh:


واللّهِ إِنَّكَ لَكاذبٌ

Demi Allah sesungguhnga kamu seorang pendusta


قوله تعالى : والعصر إنّ الإنسانَ لَفِي خُسْرٍ

Demi masa، sesungguhnya manusia itu benar-benar berada kerugian.


Sekilas tentang Lam Ibtida/Muzhaliqah/Taukid.


   Disebut dengan Lam Ibtida sebab lam ini suka nempel pada Isim dan Khobar yang terletak setelah إِنّ (yang hamzahnya Kasrah )


Disebut dengan lam Muzhaliqah sebab Lam ini posisinya dipindahkan dari awal jumlah ke posisi kedua yaitu nempel di khabar إِنَّ atau Isim إِنَّ muakkhar dengan tujuan untuk memperkuat (taukid). Berikut syarat Lam Muzhaliqoh nempel pada Khobar dan Isim إِنَّ


a. Syarat lam ibtida/muzhaliqah boleh nempel pada khabar إِنَّ


khabar harus muakhar (berada setelah mubtada)

Mesti Khobar yang positif (tidak ada nafyi)

Mesti khabar fi’liyyah dari jenis fi’il madhi.

Contoh nempel pada Khobar إِنَّ Muakhar:


إنَّ رَبِّي لَسَمِيعُ الدُّعَاءِ

Contoh nempel pada Khobar إِنَّ selain Fi’il Madhi:


وإنَّكَ لَتَعَلَمُ مَا نُرِيدُ

Apakah sudah mutlaq tidak boleh nempel pada Khobar إِنَّ yang bentuknya fi’il madhi…?


Sebagian ulama Nahwu seperti ( الأخفش والفراء وتبعهما ابن مالك) berpendapat hukumnya boleh dengan ketentuan sebagai berikit:


Apabila fi’il madhinya dimasuki قد

Contoh:


إنَّ الطالبَ لَقَدْ حَضَرَ

Sesungguhnya siswa itu telah hadir


Apabila fi’il madhinya dari jenis fi’il jamid (tidak terikat dengan 3 zaman dan juga tidak mutasharif) seperti : عسى  ، ليس ، وهب ، نعم ، بئس dan lainya.

Contoh:


إنَّ إبراهيمَ لَنِعمَ الرَّجُلِ


b. Syarat lam ibtida boleh nempel pada isim إِنَّ

Posisi isim inna mesti diakhirkan. 

Contoh:

إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً

Apabila posisi إِنَّ berada setelah af’alulqulub ( أفعال القلوب) dan pada khabar إِنَّ terdapat Lam Ibtida.

قال ابن مالك

وَكَسَرُوا مِنْ بَعْدِ فِعْلٍ عُلِّقَا بِالَّلاَمِ كَاعْلَمْ إنَّهُ لَذُو تُقَى

Contoh:


عَلِمْتُ إِنَّك لَجَمِيْلٌ

ظَنَنْتُ إِنَّك لَمُحْسِنٌ

وَاللَّهُ يَعلَمُ إِنَّكَ لَرَسُولُهُ

والله يعلم إنھم لكاذبون


Sekilas tentang Af’alulqulub (أفعال القلوب)


   Afa’alulqulub adalah fi’il-fiil (kata kerja yang mengandung makna yakin, perkiraan, sangkaan, keraguan. Seperti fi’il-fi’il berikut:


ظنَّ، خالَ، حسبَ، جعل، وعدَّ، زَعمَ، رأى، وجد


Apabila posisi إِنَّ berada setelah fi’il-fi’il di atas lalu pada khabar إنّ terdapat Lam ibtida, maka hukum harakat hamzah pada إِنَّ wajib kasrah


Apabila posisi إِنَّ berada setelah perangkat jawab ( أدوات الجواب) berikut ini.

لا،نعم، بلى، أجل

Contoh:


نعم, إِنَّ خالدًا طالبًا مجتهدًا

Apabila posisi إنّ berada setelah dzharaf untuk lafadz حيث، إذ

Contoh:


رأيت حَيْثُ إِِنَّك تركبُ السيّارةَ

Aku melihat mu dimana kamu sedang menaiki mobil


زُرْتُ بَيْتَكَ إذ إِِنَّك تدرس اللغة العربية

Aku mengunjungi rumahmu tatkala kamu sedang belajar bahasa arab.


Apabila posisi إنّ menempati khabar jumlah ismiyyah untuk mubtada yang bentuknya dari jenis Isim dzat (bentuknya nyata/nampak seperti manusia)

Contoh:


خالدٌ إنّه مجتهدٌ

محمّد إنّه عالم

Apabila posisi إنّ terletak setelah huruf istifham yang disertai dengan lam ibtida

Contoh:


قَالُوا أَإِنَّكَ لَأَنتَ يُوسُفُ – سورة يوسف ٩٠

أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً – سورة النمل ٥٥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar